Ruizu M5 Music MP3 Player untuk Pelari

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik di saat lari itu perlu; ibaratnya penambah semangat, juga supaya tidak bosan jika melakukan long run.

Smartphone makin ke sini dibuat makin besar dan cenderung tidak ringan-ringan amat, tidak seperti iPhone 5 yang ringkas, tidak enak dibawa di kantong celana saat lari. Karena itu saya cenderung memilih lari tanpa membawa smartphone.

Untuk kebutuhan mendengar musik sewaktu lari, saya membeli music mp3 player. Yep, barang yang 10 tahun lalu dianggap obsolete oleh smartphone ternyata masih hidup. Merk yang terkenal seperti Sony bahkan menjual mp3 player di harga di atas 2 juta rupiah, bukan pilihan saya yang lari paling seminggu 1-2 kali.

Baca juga: Running Gear untuk Pemula

Perkenalkan Ruizu. Perusahaan yang sepertinya spesialis menjual mp3 player murah dan bervariasi. Mau yang versi mirip iPod Nano, hingga model klip juga ada. Dari harga 100 ribu (model non bluetooth selalu paling murah) hingga 600 ribu juga ada karena begitu banyak variasi modelnya.

Model pertama yang saya miliki adalah Ruizu X55. Bentuknya ringkas, body plastik jadi ringan, dan memang ditujukan untuk segment sport jadi dilengkapi klip. Harganya tidak terlalu mahal, sekitar 250rb-an. Saya sudah pakai sekitar 1 tahun dan tidak ada keluhan selain tampilannya yang terlihat murah.

Ruizu M5 vs X55

Sayangnya karena tidak bisa di pair dengan earphone terbaru saya yang TWS, tidak support BT versi 5.0, jadinya tidak bisa dipakai bersama Ruizu X55.

Karena keisengan, saya coba timpa dengan firmware X52 yang ditulis support bluetooth 5. Alhasil malah tidak bisa diaktifkan bluetoothnya. Saya coba beberapa kali timpa dengan firmware model lain, hingga akhirnya unit ini tidak bisa dioperasikan lagi.

Ruizu M5 kiri dan X55 di kanan

Terpaksa harus beli lagi. Kali ini saya beli Ruizu M5. Kriteria saya adalah harus ada klip supaya bisa di-cantol ke celana lari, jadi pilihan di Ruizu tidak banyak.

Saya review singkat plus minus unit Ruizu M5 ini ya. Yang pertama build quality jauh lebih baik dibanding X55.

Unit M5 ini body terbuat dari metal, mungkin campuran alloy. Bentuknya square kecil 4cm x 4cm, layar lcd cukup tajam yang pixel per inch cukup tinggi (mendekati retina), serta kontrol menggunakan touch screen.

Dipegang ditangan terasa barang berkualitas, berasa dingin dan solid. Tidak seperti X55 yang terasa plastik. Lebih berat dibanding X55, tapi tidak berasa kok kalau di klik ke celana.

Ruizu M5 dari samping

Internal storage sudah 8GB, ini bahkan sudah cukup buat lari ultra marathon. Jika 1 lagu mp3 kira-kira 4MB, bisa menyimpan hampir 2000 lagu. Tapi kalau merasa tidak cukup tersedia SD Card slot untuk additional storage.

Touch screen nya juga lumayan akurat, tap dan swipe gesture bisa diterima dengan baik.

Oh ya, tujuan utama saya beli unit ini adalah untuk di-pair ke bluetooth 5.0 TWS, dan Ruizu M5 sukses di-pair. Saya coba ke unit Lenovo LP1 bisa, Bose Soundsport Free juga bisa. Pakai cable earphone yang menjadi basic feature juga bisa. Kualitas suara yang dihasilkan bagus, setara dengan di-play dari smartphone.

Ada fitur lain yang tidak saya gunakan, misalkan video player, radio, recorder, pedometer, dan stopwatch. Fokus saya hanya pada music player.

Bicara kelemahan, yang pertama adalah layar yang hampir tidak terlihat di outdoor. Brightness tidak cukup kuat untuk mengalahkan sinar matahari di pagi hari. Sebenarnya tidak terlalu mengganggu karena biasa cukup kita mengoperasikan and start play sebelum lari. Kecuali Anda suka mengganti-ganti lagu di tengah aktivitas.

Kelemahan kedua ada di koneksi bluetooth nya. Karena body-nya terbuat dari metal, enak dipegang, sayangnya menurut saya metal menghambat koneksi bluetooth. Coba baca sejarah hebohnya masalah iPhone 4 yang memakai casing metal sehingga 'dianggap' mengurangi sinyal cellular. Ruizu model ini jika di-klip ke celana harus di sisi yang terdekat dengan earphone supaya tidak terputus-putus jika earpice bluetooth menggunakan pemancar yang lemah. Walaupun tidak sering terjadi, tapi saya alami di Lenovo LP1. Sedangkan jika menggunakan Bose Soundsport Free, tidak ada issue ini.

Kelemahan lain karena touch screen, jika Anda berlari dan tangan akan cenderung basah, akan mulai kesulitan mengoperasikan unit ini, walaupun bukan masalah besar.

Next jika saya akan beli lagi, mungkin akan kembali ke yang model button, saya sarankan model Ruizu X52 saja. Walaupun saya belum memegang barangnya, sekilas mirip X55.

Ok demikian review singkat saya untuk unit Ruizu M5. Semoga bermanfaat!

Show Comments